• gambar
  • gambar

Selamat Datang di Website SMP NEGERI 1 SINGAPARNA.

Pencarian

Kontak Kami


SMP NEGERI 1 SINGAPARNA

NPSN : 20210822

Jalan Pancawarna No.29 Singaparna 46412 Tasikmalaya


info@smpn1singaparna.sch.id

TLP : 0265545029


          

Prestasi Siswa

Banner

Jajak Pendapat

No Poles setup.

Statistik


Total Hits : 344271
Pengunjung : 141601
Hari ini : 50
Hits hari ini : 487
Member Online : 176
IP : 3.236.70.233
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

  • ELIS RAHMA HANDAYANI (Guru)
    2020-07-15 13:45:41

    Belajar itu wajib bagaimanapun kondisinya
  • HENDRAYATI (Guru)
    2020-07-15 13:41:01

    Your life is as good as mindset
  • SALAMAH (Guru)
    2020-07-15 13:33:24

    Worksjop hari ke 2 Semangaat
  • HENDRAYATI (Guru)
    2020-07-13 22:22:51

    Learn from yesterday, live for today and hope for tomorrow
  • NOVI SOPIYANIDA (Guru)
    2020-07-13 21:33:10

    Bismillah...Tahun ajaran baru, semangat baru dengan skema pembelajaran yang mengharuskan kita serba tahu dan terus berguru.
  • RIMA HANAWATI (Guru)
    2020-07-13 19:49:10

    Alhamdulillah masih diberi kesempatan untuk beraktivitas di awal tahun pembelajaran baru
  • YAYAN KURNIASIH (Guru)
    2020-07-13 11:50:44

    Bismillah
  • IIS SRI AIDIAH (Guru)
    2020-07-13 11:37:31

    Wilujeng gabung di web Nesasi juara
  • N. YUYUN (Guru)
    2020-07-13 10:12:12

    PJJ..2020/2021
  • IDA SUCIATI (Guru)
    2020-07-13 09:21:36

    Aku yakiin dengan keputusan Mu.

EKSTRAKURIKULER VOCAL GRUP




Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban manusia.

 

Berdasarkan isi kurikulum di atas, maka peran guru menjadi kunci keberhasilan dalam misi pendidikan dan pembelajaran di sekolah, bertanggungjawab untuk mengatur, mengarahkan dan menciptakan susasana kondusip yang mendorong siswa untuk melaksanakan kegiatan dalam bentuk intra kurikuler maupun ekstra kurikuler.Intra kurikuler pelaksanaannya dalam jam pelajaran yang diikuti oleh seluruh siswa. Ekstra kurikuler pelaksanaannya diluar jam pelajaran, dengan maksud untuk mewadahi dan menggali kemampuan, bakat serta minat siswa dalam berolah seni dan rasa, baik rasa musikal, peran, gerak maupun rupa supaya lebih berkembang.

 

Karena tidak seimbangnya kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa dengan alokasi waktu yang tersedia, maka diperlukan waktu ekstra di luar jam pelajaran sebagai sarana pengembangan dari kemampuan yang harus dimiliki dalam Intra Kurikuler.

 

Bidang seni  musik, seni tari, seni rupa dan seni karawitan memiliki kekhasan tersendiri sesuai dengan kaidah keilmuan masing-masing. Dalam pendidikans eni budaya, aktivitas berkesenian harus menampung kekhasan tersebut yang tertuang dalam pemberian pengalaman pengembangan konsepsi, apresiasi dan kreasi.Semua ini diperoleh melalui upaya eksplorasi elemen, prinsip, proses dan teknik berkarya dalam kontes budaya masyarakat yang beragam.

 

Pembelajaran dalam bidang vocal di sekolah cenderung diabaikan dan tidak mendapatkan porsi yang semestinya.Keterbatasan jumlah guru, keterbatasan kompetensi guru, jumlah jam, prioritas mata pelajaran dan fasilitas pembelajaran sering kali muncul sebagai alas an dan menjadi kendala dalam pelaksanaannya.Kondisi ini mengakibatkan ketimpangan terhadap rangsang dan pengembangan otak yang diterima oleh  siswa antara otak kiri dan otak kanan. Otak kiri menerima rangsang, pengembangan dan beban yang sarat, sementara otak kanan sangat minim menerima rangsang.Implikasi yang lebih jauh adalah ketidak seimbangan mental dan kepribadian siswa, sehingga muncul kompensasi lain, seperti kurang tekun, kurang toleran, kurang kreatif, mudah frustasi, dan memudarnya nilai-nilai humanistik. Salah satu cara meningkatkan  rangsang otak kanan adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler. Pendidikan pada prinsip dasar yaitu memanusiakan manusia  (humanisasi) dan   mengoptimalkan kecakapan hidup melalui cipta, rasa dan karsa sesuai dengan potensi peserta didik. Maka sebagai upaya memanusiakan peserta didik, penekanan kreatifitas pada karawitan bukan hanya persoalan estetik semata, namun  juga menggali dan mengembangkan keunggulan-keunggulan manusiaya itu intelektual, estetis, moral dan spiritual.

 

Tujuan yang hendak dicapai melalui ekstrakurikuler  vocal grup adalah untuk menumbuhkan sikaptoleran, demokrasi, beradab; mampu hidup rukun dalam masyarakat yang majemuk; mengembangkan kemampuan imajinatif intelektualis; berekspresi melalui seni; mengembangkan kepekaan rasa, keterampilan; serta mampu menerapkan teknologi dalam berkrasi dan mempergelarkan karya seni.

 

Kendala yang muncul pada pembelajaran ekstrakurikuler vocal grup ini adalah kesulitan dalam implementasi di lapangan terkait dengan kebijakan makro dan mikro, yang terkadang membingungkan pelaksana.Maka, melalui ekstrakurikuler ini diharapkan sebagai strateg    iimplementasi yang tepat dan efektif untuk melaksanakan pembelajaran vocal di Sekolah, untuk mewadah isiswa yang minatnya tinggi dan berbakat

 

Tujuan menjadi wahana untuk menyalurkan bakat dan kreativitas siswa dibidang non-akademik dan memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mendalami pengetahuan dan keterampilan dalam tarik suara juga sebagai bekal peserta didik di jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

 

Praktik ekstrakurikuler vocal grup dengan pengolahan cipta, rasa dan karsa melalui kegiatan vocal grup, sehingga  terkuasainya materi vocal sesuai tujuan yang hendak dicapai dan bias teraplikasikannya materi ekstrakurikuler ini dalam kehidupan sehari-hari, bias meningkatkan keimanan dan ketakwaan, ikut serta dalam FLS2N perlombaan tingkat wilayah, kabupaten dan provinsi.

 

Jadwal kegiatan dilaksanakan setiap hari Rabu dan Kamis ,tempat di kelas /di lapang komplek Bawah waktunya jam 13.00 WIB. 
 

 

 




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas